Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Saat Dihidupkan

Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Dihidupkan

Permasalahan laptop yang macet saat dihidupkan seringkali akan membuat kita menjadi tidak nyaman menggunakan laptop kita. Ada banyak penyebab laptop menjadi macet saat dihidupkan baik itu dari permasalahan hardware maupun permasalahan software yang ada didalam laptop.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Dihidupkan
Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Dihidupkan

Laptop lemot disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang secara otomatis terbuka pada saat laptop akan dihidupkan. Contoh sederhananya Jika kamu menginstal Antivirus Smadav maka Smadav akan terbuka secara otomatis untuk melakukan proses scanning pada partisi dilaptop tanpa sepengetahuan kita saat laptop mulai dijalankan. Ini adalah salah satu contoh aplikasi yang terbuka pada saat laptop dihidupkan.

Lalu bagaimana jika kamu ingin menonatifkan semua aplikasi-aplikasi tersebut, sehingga nantinya laptop menjadi ringan dan tidak lemot lagi saat pertama kali dihidupkan.

Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Saat Dihidupkan

1. Pertama-tama kalian klik ikon windows lalu di kotak search kalian ketikan Administrative tools. Kemudian klik saja hasil pencarian yang muncul yakni Administrative Tools.

2. Setelah jendela Administrative Tools terbuka, lalu pilih System Configuration.

3. Selanjutnya klik tab Startup. Lalu hilangkan semua aplikasi yang tercentang. Hal itu merupakan daftar aplikasi yang membuat proses loading berat saat laptop atau komputer dihidupkan. Lalu klik Apply kemudian OK.

Dengan begitu maka laptop atau komputer kamu akan terasa ringan saat dihidupkan, karena aplikasi startup-nya sudah berhasil di nonaktifkan. Selamat mencoba!