Cara Mudah Mengatasi Android Yang Mengalami Bootloop Ringan

Cara Mudah Mengatasi Android Yang Mengalami Bootloop Ringan

Salah satu masalah sistem Android yang cukup bikin jengkel penggunanya adalah bootloop. Bootloop adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada sebagian pengguna Android yang suka mengoprek sistem Android pada smartphonenya. Masalah bootloop ini bisa terjadi pada semua perangkat Android dari semua merek. Bisa dibilang, bootloop ini menjadi salah satu kelebihan dan kekurangan OS Android.

Penyebab bootloop bisa bermacam-macam, mulai dari karena proses rooting, upgrade OS Android yang gagal, custom ROM yang gagal atau corrupt, flashing firmware yang tidak berhasil, Android terjangkit virus, dan masih banyak lagi. Biasanya, sumber masalah bootloop akibat adanya kegagalan atau kesalahan ketika mengoprek sistem Android dengan alasan sebagai cara agar HP Android tidak lemot.

Cara Mudah Mengatasi Android Yang Mengalami Bootloop Ringan

Ciri-ciri smartphone yang mengalami bootloop adalah ketika smartphone dihidupkan, smartphone mengalami booting terus menerus tanpa henti (bootloop) atau berhenti pada tampilan logo smartphone. Hal tersebut tentunya membuat aktifitas harian yang biasa dilakukan pada smartphone menjadi tidak bisa dilakukan sama sekali. Dan pada pembahasan kali ini saya akan berbagi dengan Anda bagaimana caranya mengatasi bootloop pada tingkat ringan.

Untuk memperbaiki perangkat Android yang mengalami bootloop ringan, Anda tidak perlu melakukan langkah-langkah yang teknis. Anda cukup mematikan perangkat Android Anda (jika hidup). Lalu, cabut kartu memori, kartu operator, dan baterai. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai 24 jam. Setelahnya, pasang dan hidupkan kembali perangkat Android Anda. Lalu amati proses bootingnya hingga selesai.