Cara Mudah Membagi File Menjadi Beberapa Bagian (Part)

Cara Memecah File

Dalam mengelolah sebuah file ada berbagai macam aktifitas yang sering dilakukan, salah satunya adalah membagikan file tersebut ke teman-teman anda. Untuk membagikan sebuah file ada berbagai macam cara, misalnya saja anda dapat berbagi langsung melalui sosial media atau mengupload ke situs cloud kemudian membagikan link file yang sudah diupload.

Cara Memecah File
Cara Memecah File

Namun terkadang kita mempunyai file dengan berukuran yang besar, yang tidak bisa kamu upload dalam sebuah layanan jasa penyedia upload file karena ukuran file tersebut melebihi kapasitas yang disediakan. Nah, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Hal ini tentu saja akan menjadi masalah jika anda hendak mengupload file dengan ukuran besar untuk dibagikan. Solusi alternatif adalah dimana anda dapat membagi atau memecah file berukuran besar tersebut menjadi beberapa part. Dengan demikian, anda tetap mengupload file berukuran besar dan tidak melewati kapasitas yang sudah ditentukan karena sudah dipecah menjadi beberapa file.

Cara Mudah Membagi File Menjadi Beberapa Bagian (Part)

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa pada Laptop yang anda gunakan sudah terinstall WinRAR. Jika ternyata belum, maka silahkan anda install terlebih dahulu.

2. Selanjutnya silahkan Klik kanan pada File yang ingin di Jadikan beberapa Part (bagian)

3. Kemudian Add to Archive

4. Pada jendela WinRAR, anda akan melihat bagian Split to volumes, size dibagian bawah. Silahkan isi bagian tersebut sesuai dengan kapasitas maksimal dari file yang sudah dipecah nantinya. Jika sudah selesai mengatur semuanya, silahkan klik Ok untuk memulai proses pembagian file.

Cara Mudah Memecah File
Cara Mudah Memecah File – Via: bagitekno.net

5. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu hingga proses membagi file menjadi beberapa part selesai. Jika sudah selesai, maka anda akan menemukan beberapa file yang masing-masing memiliki tambahan kata part1, part2, part3, dst pada nama filenya.

Sekarang file kamu sudah terpecah menjadi beberapa bagian, sehingga dapat mempermudah untuk dibagikan kepada orang lain.