Cara Ampuh Dan Mudah Hilangkan Bau Badan Dengan Bahan-Bahan Dapur

Cara Ampuh Dan Mudah Hilangkan Bau Badan Dengan Bahan Bahan Dapur 1

Memiliki masalah bau badan memang sangat mengganggu. Selain mengurangi rasa percaya diri, masalah ini juga bisa berdampak kurang baik pada kesehatan jika dibiarkan. Itulah mengapa kamu perlu mengetahui penyebab bau badan agar bisa menghindarinya. Dan juga mengetahui beberapa cara menghilangkan bau badan yang ampuh dan mudah dilakukan baik itu secara alami maupun menggunakan metode medis.

Keringat seringkali dituduh sebagai penyebab bau badan. Padahal, keringat sebenarnya merupakan cairan yang tidak berwarna dan berbau. Komposisi keringat terdiri atas air, garam, protein, dan minyak yang bukan merupakan zat-zat pemicu munculnya bau badan. Penyebab bau keringat atau bau badan sebenarnya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri. Dalam tubuh manusia terdapat jutaan bakteri tidak berbahaya yang berdiam di permukaan tubuh dan berfungsi membantu pertahanan alami kulit. Bakteri-bakteri tersebut bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungan yang lembap dan kaya nutrisi seperti daerah ketiak. Untuk bertahan hidup, bakteri memakan keringat manusia dan memprosesnya dalam sistem metabolisme mereka. Proses metabolisme ini menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan keringat berbau seperti cuka, keju, atau bawang.

Cara Ampuh Dan Mudah Hilangkan Bau Badan Dengan Bahan Bahan Dapur 2
Cara Ampuh Dan Mudah Hilangkan Bau Badan Dengan Bahan Bahan Dapur

Orang yang mengalami bau badan, tentunya dapat mengganggu orang yang berada di dekat Anda, sehingga tidak jarang menurunkan rasa percaya diri  seseorang. Remaja maupun orang dewasa, pria maupun perempuan bisa saja mengalami bau badan. Bila Anda mengalami bau badan, ada beberapa cara alami mengatasi bau badan yang dapat Anda ikuti. Berikut ulasannya:

1. Daun Sirih

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

  1. Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya adalah:
  2. Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air
  3. Kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi
  4. Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut

Lakukan hal tersebut secara rutin, maka bau badan Anda akan segera menghilang.

2. Baking Soda

Cara menghilangkan bau badan secara alami yang selanjutnya bisa dilakukan dengan memakai baking soda. Bahan satu ini memiliki sifat yang dapat menetralkan asam dan basa sehingga dapat menghilangkan bau badan secara alami. Kamu bisa mengaplikasikan baking soda langsung di bagian-bagian tubuh yang sering berkeringat.

3. Daun Beluntas

Daun beluntas merupakan tanaman kecil yang sering tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh meski tanpa dirawat. Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa yang tentu saja besar manfaatnya bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C. Cara menghilangkan bau badan menggunakan daun ini:

  1. Rebus daun beluntas hingga matang
  2. Minum air rebusan ini secara rutin, sebanyak 2 kali dalam sehari

4. Bawang putih

Aromanya yang menyengat membuat kita tidak suka dengan bawang putih. Padahal bawang putih berguna sebagai anti bakteri karena kaya akan anti oksidan. Yang membuat bau bawang putih menyengat adalah kandungan senyawa sulfur yang disebut allicin. Untuk pemakaiannya sebagai cara penghilang bau badan adalah:

  1. Haluskan 3 siung bawang putih, lalu oleskan pada ketiak
  2. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih

5. Konsumsi Jahe

Jahe juga ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Minyak atsiri seperti sudah sering disebutkan di atas, berguna sebagai penghilang bau badan. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau badan.

6. Bunga Rosemary

Tambah lagi satu tumbuhan yang mengandung minyak atsiri sebagai cara menghilangkan bau badan. Tidak hanya digunakan sebagai bahan herbal, bunga rosemary juga dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bau badan yang efektif. Ada dua cara mengaplikasikan rosemary sebagai penghilang bau badan dengan mengoleskan langsung minyak esensial rosemary pada ketiak. Atau dengan mandi menggunakan air rebusan bunga rosemary.