3 Langkah Mudah Cara Memindahkan File Dari Laptop ke Smartphone

Cara Mengirim File dari Komputer ke Android

Smartphone dan komputer modern mempunyai dua tipe koneksi nirkabel yang bisa dioptimalkan untuk mendukung pekerjaan sehari-hari, yaitu WiFi dan Bluetooth. Tipe terakhir merupakan yang paling sering digunakan untuk mengirimkan file baik foto, video atau berkas. Nah, tutorial kali ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengirimkan file dari Komputer ke smartphone Android.

Cara Mengirim File dari Komputer ke Android
Cara Mengirim File dari Komputer ke Android

Mengirim file dari komputer ke HP banyak dilakukan oleh beberapa orang dengan berbagai alasan, seperti ingin memindahkan atau menyimpan beberapa foto ke komputer agar lebih menghemat ruang penyimpanan di HP atau ingin memindah musik yang di download dari komputer lalu ingin memutarnya di HP.

Memindahkan File Dari Laptop Ke Smartphone Dengan Bluetooth

Selain dilengkapi kabel data yang biasa dimasukkan ke dalam paket penjualan, smartphone biasanya dijual dengan fitur Bluetooth meski versinya berbeda-beda pada setiap perangkat.

Pada komputer dengan Windows 10, pengguna perlu masuk ke Settings, lalu masuk ke Devices, dan menekan tombol Add Bluetooth or other device untuk melakukan pairing. Dan untuk mengirimkan file ke perangkat smartphone, pengguna bisa menekan tombol Show hidden icons (ikon anak panah ke atas) di taskbar, lalu memilih ikon Bluetooth, dan memilih opsi Send To.

Akan tetapi cara ini tidak banyak digunakan oleh orang, karena tidak semua laptop menggunakan windows 10 dan support terhadap bluetooth. Selain itu karena waktu transfer dengan menggunakan Bluetooth ini cendrung memakan waktu yang lebih lama.

Memindahkan File Dari Laptop Ke Smartphone Dengan Aplikasi

Menggunakan aplikasi pihak ketiga juga bisa menjadi solusi untuk pengguna yang lupa membawa kabel data atau tidak memiliki dukungan koneksi Bluetooth. Dalam hal ini pengguna bisa menggunakan aplikasi seperti Share it dan Zapya yang biasa banyak digunakan.

Memindahkan File Dari Laptop Ke Smartphone Dengan Layanan i-Cloud

Terdapat banyak layanan cloud yang bisa digunakan oleh pengguna untuk berbagai file dari satu perangkat ke perangkat lain. Beberapa di antaranya seperti Google Drive, Microsoft OneDrive, dan Dropbox.

Menariknya, dengan menggunakan salah satu layanan cloud tersebut, pengguna bisa mengakses file dari mana pun, kapan pun, dan melalui perangkat apa pun.